Minggu, 12 Oktober 2014



Bimbingan Konseling dalam Sekolah Anak Usia Dini (PAUD)

Pendidikan yang diberikan kepada anak usia dini (PAUD) suatu jenjang pendidikan yang diberikan kepada anak yang yang sejak lahir hingga usia dimana dia cukup untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih luas. Pendidikan yang digunakan dalam usia anak PAUD seperti ini, sekolah memberikan bantuan perkembangan jasmani, rohani dan pertumbuhan pada anak tersebut. Dan yang termasuk kedalam anak usia dini tersebut adalah anak yang berusia 0 tahun hingga umur 6 tahun dimana mereka masih bergantung pada orang tuanya.
            Pada usia dini seperti ini perlu adanya penanaman rasa percaya diri agar dia dapat lebih mudah bersosialisasi dengan lingkungannya dan dapat mengekspresikan bakat dia nanti. Maka sangat dibutuhkan seorang guru pembimbing didalam sekolah PAUD karena di masa anak usia dini ini perlu bimbingan yang sangat ekstra. Pembimbing disini bertugas untuk menumbuhkan rasa percaya diri si anak, mengajarkan anak bersosialisasi dengan teman sebaya nya, mengajarkan si anak rasa tanggung jawab sejak dini agar dia tau bahwa apa yang menjadi tugasnya adalah sebuah tanggung jawabnya sendiri dan dia tidak bergantung pada orang lain ketika dia sudah mulai tumbuh dewasa.
            Seorang pembimbing disekolah PAUD pun perlu menemukan “Genius” dalam diri setiap anak didik tersebut, agar pembimbing tidak salah menempatkan posisi anak tersebut. Dengan cara ini pembimbing dapat melihat perkembangan anak, dapat mengetahui bakat dari anak tersebut dan pembimbing bisa lebih memfokuskan si anak kepada bakatnya tersebut.
            Selain itu pembimbing di sekolah PAUD perlu setidaknya menumbuhkan kepribadian pada diri anak, dimana anak perempuan dengan benar-benar diberikan permainan layaknya seorang anak perempuan seperti bermain boneka, rumah-rumahan dll, sedangkan anak laki-laki diberikan permainan seperti bermain bola, kejar-kejaran dll. Agar mereka dapat memahami dirinya bahwa mereka itu adalah anak perempuan atau sebaliknya an mereka tidak salah menempatkan kepribadiannya mereka masing-masing.
Daftar Pustaka:
Semiawan, Conny R. 2002. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah. Jakarta:PT. Macanan Jaya Cemerlang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar